Wednesday, May 11, 2005

Summary Pengajian Rabu Malam Ceria 16 Maret 2005

AKAL Bag. 2

AKAL dikatakan berfungsi, jika : digunakan sesuai dengan hukum2nya / Prinsip2nya.
3 Prinsip AKAL :
1. Prinsip Kausalitatif
2. Prinsip Matematis
3. Prinsip Non-Kontradiktif

Prinsip Kausalitatif :
Prinsip ini merupakan bawaan atau fitrah manusia. Prinsip ini selalu ada dalam diri setiap orang dan tidak perlu diajarkan (common sense).
Misal : Pertanyaan2 yang kerap muncul secara reflek saat kita melihat suatu kejadian, ex.
Kenapa bisa jatuh ?? Kenapa Orang Meninggal ?? Kenapa dia menikah dengan orang lain padahal itu bukan pacarnya ??? dsb.
Dan seharusnya sifat ini diasah menjadi edukatif.
Common sense -> Educative sense
Prinsip Matematis :
Merupakan Logika yang dibilangkan dan prinsip yang bisa menyebabkan kemajuan.
Mengenai contohnya : Mungkin Mas Rizal lebih bisa menjelaskan :p
Prinsip Non-Kontradiktif :
Misalnya : Kita tidak bisa terima satu benda berada di tempat yang berbeda dalam waktu yang sama.

Setiap manusia dibekali oleh akal yang sama, yang berbeda adalah penerapan prinsip-prinsip akal yang digunakan.
Dan AKAL itu menghakimi sesuatu itu benar atau salah berdasarkan ke-3 prinsip hukum AKAL tersebut.
Otak sebagai hardware merupakan t4 akal.
Bagian-bagian otak :
Hypotalamus -> Fungsi reflek
Cortex -> adalah rasio : yang berpikir mengapa, kenapa (yang menggunakan hokum akal)
Lymbic system (di dalamnya terdapat syaraf lobus temporal, yang merasakan, misal : bahagia, sedih, senang).
Syaraf lobus temporal hanya bekerja pada saat2 tertentu, misal : pada saat seseorang diceritakan tentang kematian dan diingatkan akan Tuhannya, syaraf ini akan bergetar.
Berdasarkan penelitian inilah (oleh : Donna Zahar) menyimpulkan bahwa di lobus temporal inilah tempat Spiritual Quotion tinggal.

Kecerdasan IQ, EQ dan SQ -> tergantung pada aktivitas pelatihan yang dilakukan.
Seseorang baru bisa dikatakan cerdas apabila : IQ, EQ dan SQ-nya seimbang.

Dalam Al Quran dijelaskan :AKAL itu adalah sumber Intelektualitas, Emosional dan Spiritualitas.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home