Monday, December 19, 2005

Cerita dari mabit 3 By Junrial

Temans,
Gak terasa sekarang dah masuk hari yg ke 15 di bulan suci Ramadhan. Semoga ibadah kita semakin meningkat ato bahkan sudah ada minimal yg sampe juz 15 (sesuai pesan Ustadz minimal satu hari satu juz, bukan jus mangga lho).
Sebenarnya aku malu nih masukin ke milis, jadi kukirim ke intan aza dulu. Tapi karena intan nyuruh ke milis, ya semoga bermanfaat,walaupun agak telat. Tapi sebelumnya mohon maaf kalo gak banyak cerita tentang materi Pak Ustadz “terlalu banyak”. Soalnya ini hanya berdasarkan ingatan aza. Soal materi dan foto ntar minta ama jay atau ulfe aza.

Sabtu pagi, 17 September.
Kata orang tgl 17 itu keramat, mbuh bener apa gak, yg pasti hari ini mabit 3 diadakan di mesjid Sentul (namanya nyusul ya). Jam 8 pagi, siap-siap mau berangkat ke meeting point, di senmul.Tapi inget si gandi mau ikut acara nikahan temennya ,jadi kumpul2nya diundur jam 12 siang.Ya udah nerusin main game computer, iseng sms si bajaj

“jadikumpul jam berapa?”,
Sender Junrial

“mas jun ini gimana sih! kan janjian kumpul jam 9 di senmul!!@*%?!”
Sender Bajaj

*untung cuma lewat sms,kalo gak bisa dimarahin nyonya besar*

Hiat, dengan sigap samber handuk .. ilmu mandi cepet ala mahasiswa dengan lancar diterapkan. *Kayaknya sih sukses, wong selama perjalanan gak ada yg protes)* Angkat tas koq ringan? Pantesan masih kosong..he..he. pokoke baju koko gak boleh ketinggalan *pesanan ketua pas mabit 2, biar suasananya rada magis*

Bismillah, mantap melangkah ke senmul. *tut.. tut hari sabtu ku turut bis kota ke senmul*. 20 menit sampe di senmul. Astaga naga, wajah rada sendu sedang menunggu..
“Mas jun mana mobilnya”, kata jay.
Lho kirain dah dibicarakan sebelumnya, soalnya aku gak ngecek imel hari jumat. Waduh..dah telat, mobil gak ada lagi. Kasian ngeliat wajah olif en reha, baru pertama ikutan mabit dah harusnongkrong di senmul berjam2. Terpaksa deh ngerayu ponakan. Alhamdulillah boleh pinjem mobilnya, tp belum nanya boleh dibawa nginep apa gak. Terpaksa deh..eh gak dink ikhlas koq, ambil mobil di benhil.

Mungkin, do'a orang2 teraniaya itu makbul ya, mobilnya boleh dibawa nginep. Dg hati riang, ngebut ke senmul, sebelumnya si jay, nelpon, mas kita sewa mobil aja, ntar kesiangan.

Dekat senmul hujan lebat mengguyur jakarta. Hore..akhirnya berangkat juga. Sebelum ke sentul, ke menteng dulu cari bensin. Ceweq2 malah iseng ngajakin mampir ke mall. Rampung ngisi bensin, langsung tancep ke sentul. Sampe di tol, sms gandi, ntar ketemuan di rest area yg kedua, dekatbukit sentul. Sampe di rest area, pada bubar jalan. Ada yg langsung sholat dhuhur, ada yg nunggu di mobil.

Aku sih sibuk cari cari toilet. Abis sholat trus balik, ke mobil, paman gon bilang gandi dah nyampe en bareng bareng jay+ulfe cari tahu, biasa deh ritual kalo lewat tol. Setelah cukup istirahat, rombongan dibagi dua, jay en ulfe ikut gandi. Soalnya bahaya,kalo olif en reha ikut gandi. Ntar shock, gandi becanda dikirain beneran.
Waktu ngeliat mobil gandi pertama kali gak kebayang akan terjadi hal yg aneh2. tp itu mobil kayaknya tau kalo bakalan ngebawa cewek, spionnya langsung copotwaktu di rest area (gak tau tuh, si gandi ngomong apa sama mobil sebelumnya, sampe mobilnya kaget dinaikin jay ama ulfa). Kan bener,wong mobil aja shock, apalagi olif ama reha. Gandi sih enteng aja, waktu diingetin kalo bakalan di stop polisi. Dia bilang spionnya langsung aja dikasihkan pak polisi en minta tolong dipasangin..he..he dasar gandi, nothing to lose man'.
Dg perlahan2, emang perlahan2, soalnya si gandi sering matiin mesin pas turunan di bukit sentul (hemat bensin kali ya?). pas ngeliat perumahan yg mirip rumah jepang, naluri wartawan langsung muncul. Sambil nunggu gandi, paman gon pun nyiapain kamera. Setelah gandi nyampe langsung ambil posisi buat foto pertama mabit 3. tapi, sst.., bunyi apaan tuh? Kayaknya sih bunyimobilnya gandi. Tapi gandi ngotot gak apa2. setelah dipaksa, gandi pun membuka kap mesin, kayaknya radiatornya bunyi, tp gandi ngelarang dibuka. Gak tau kenapa, mungkin td pagi diisi telur, jadi takut telur rebusnya belum mateng..he..he. sekali lagi setelah dipaksa, gandi pun mbuka tutup radiator..byaar..air muncrat dg keras. cewek2 pada njerit, busyet dah..bikin kaget aja. Gandi malah lari paling jauh, malah parit gede pun bukan halangan.

Selesai foto2, langsung meluncur ke mesjid. Ternyata dah deket. Sampe di mesjid, bu Rusli dah nunggu. Keadaan mesjid agak rame, karena ada rombongan yg sedang berwisata kesumber air panas yg gak bau belerang. Mmm..sayang berangkatnya telat, jadi gak sempet bersih2 fisik dulu di sumber air panas sebelum mendapat siraman rohani (duh ideal bgt, padahal cuma pengen rekreasi). Sebelum acara dimulai, makan siang dulu di beranda belakang. Mungkin karena kecapekan nunggu di senmul, jay lupa program diet. Gak apa2 koq jay,lumayan ngabisin jatah anak2 yg gak dateng. Gak lama gandi pun nambah, menurut gandi bukan nambah,tapi lupa baca bismillah, jadi diulang, ini anak bisa aja berkelit. Selama acara makan gandi jadi raja sehari,dah makannya dikelilingi cewek2, diambilin pisang lagi (lho koq kaya sun gokong??).
Karena mepet waktu Ashar, sebelum acara kelas dimulai kita sholat ashar berjamaah. Beberapa hal yg dibahas pertama kali adalah sebab2 perintah puasa diberikan pada bulan ramadhan, persiapan2 dan beberapa hal yg sering dilupakan dalam pelaksanaan puasa. Agak lupa nih detilnya (ulfe mungkin nyatat). Intinya diharapkan grafik ibadah kita bisa seperti grafik ibadahRasulullah selama bulan Ramadhan. Ibadah Rasulullah selama bulan semakin hari semakin bertambah, terutama 10 hari terakhir. berbanding terbalik dengan kita yg cenderung stagnan, bahkan mulai mengurangi ibadah. Tarawih yg mulai bolong2, Al-Qur'an yg mulai jarangdisentuh. Untuk meningkatkan ibadah kita, tidak ada jalan lain kecuali mengurangi kegiatan2 yg kurang produktif, misalnya nonton tv. Karena waktu kita hanya 24 jam dalam sehari semalam. Maka agar slot waktu ibadah bertambah, harus ada waktu lain yg dikorbankan.Yg terakhir membahas khotbah Rasulullah menyambut Ramadhan. Khotbah ini lengkapnya bisa dibaca di buku Puasa karangan Pak ustadz.
Banyak hal menarik yg bisa diambil. Salah satunya pernyataan bahwa pada bulan ini pintu2 surga terbuka, pintu2 neraka ditutup, dan setan2 diikat. Menurut pak ustadz, hal2 tersebut diatas tergantung kita. Kalo kita melakukan hal2 yg tidak menyenangkan Allah swt, maka akan terjadi hal2 sebaliknya. Pintu surga ditutup, pintu neraka dibuka, dan setan2 dilepas. Jadi kalo kita benar2 menjalankan ibadah puasa dibulan suci Ramadhan dengan sungguh, Insya Allah setan2 akan benar2 diikat'. Walaupun begitu ada tafsiran lain yg menyatakan lain, bahwa kalo manusia sampe melakukan hal2 buruk itu karenatidak dapat mengekang hawa nafsunya. Kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab yg didominasi cahyo. Oh ya cahyo datang pas pertengahan acara (kalo gak salah sih). Setelah tanya jawab mengenai puasa Ramadhan selesai, kite2 punya acara bebas. Tapi cahyo kayaknya serius diskusi sama Pak ustadz, kata jaypertanyaan cahyo agak lebih pribadi, maklum pengantin baru.
Supaya cahyo lebih bebas, kite2 (aku,gandi, paman gon en jay) jalan2 keliling komplek,siapa tau aja jodoh dg salah satu rumah, Amin. Setelah puas foto2 di perumahan, akhirnya cabut pulang. Eeit ntar dulu. Pas di tebing kayaknya pemandangannya bagus nih. Dg gaya arahan gandi (gaya aktifitas pagi2 disungai,tp ini di tebing) jadilah foto yg gak lolos sensor untuk dimuat di majalah FHM. Mungkin karena malu, baterenya langsung drop waktu giliran si jay. Lagian pas adzan magrib. Cepet2 deh pulang ke mesjid. Karena telat, akhirnya mandinya setelah sholat magrib berjamaah. Tp, handuknya mana? Gak ada rotan,akar pun jadi. Gak ada handuk, pinjem ama di toko sampingmesjid (salah sendiri gak jual handuk). Cuek ah yg penting kering. Setelah pada kelar mandi, sholat isya berjamaah. Abis dengerin ceramah singkat Pak ustadz yg disampaikan buat umum tentang keimanan, dilanjutkan acara makan malam. Walaupun agak molor dari jadwal, sesi kedua dimulai. Tapi paman gon kayaknya emang punya rencana ngerjain seniornya. Karena do'a2 mabit belum difotocopi, akhirnya dg otoritas sbg ketua paman gon nyuruh aye fotokopi sekalian beli batere buat kamera. Kirain deket, aye dengan semangat 45 langsungcabut. Padahal naudzubillah jauhnya. Dah gitu tukang fotokkopinya baru belajar,gak biasa fotokopi bolak-balik. Rasanya lama buangeet. Eh tiba2 ada sms, sekalian beliin sikat gigi ya, buat gandi. Busyet dah..pantesan dari tadi gandi rada alim' gak banyak omong. Kelar fotokopi, ngebut balik ke mesjid. Tp dewi fortuna belum berpihak, sampe di mesjid sesi kedua dah selesai, dah masuk tanya jawab. Jadi dg segala kerendahan hati, kalo mau materi yg lengkap tanya ulfe ato jay aza. Tp menurut ulfe, salah satu materi yg dibahas adalah iktikaf. Iktikaf merupakanpuncak rangkaian ibadah kita di bulan suci Ramadhan, jadi bukan santai2 di awal bulan, terus tiba semalam suntuk beribadah di malam2 ganjil.
Setelah sesi kedua, anak2 memilih untuk ngobrol2 bersama Bu ustadz. Banyak hal yg dibahas. Tp yg paling sering dibicarakan masalah jodoh (kayaknya dari mabit 1, materi ini paling sering dibicarakan). Cahyo sihtetep gak terpengaruh, sejak sesi kedua sudah teler, trus langsung asyik mimpi sang kekasih di pojok. Sedangkan Pak ustadz diskusi bersama rekan2 beliau didalam mesjid. Gak terasa sudah jam 12, setelah rebutan bantal ama jay, siap2 bobo. Biar mantep, ambil autan dulu. Untung tadi siang ditawarin autan. Rupanya cahyo gak bisa tidur nyenyak, gitu denger ada autan langsung bangun, tenang persediaan banyak (cewek2 koq anteng aja ya? Apa diajarin do'a anti nyamuk ama Bu ustadz ya?). Kaget waktu bangun ngeliat jam, udah jam 3.30. padahal rencanya jam 2 mulai sesi ketiga. Tp rupanya Pak ustadz tidur jam 2.30, jadi acara diundur. Setelah sholat malam en ngaji, kite2 pada sholat shubuh bareng. Abis itu bersama2 baca do'a mabit.
Akhirnya acara mabit 3 ditutup dengan do'a yg dipimpin Pak ustadz. Karena Pak ustadz ada rencana lain, beliau buru2 siap mau berangkat. Sedangkan kite2, gak ngelupain tradisi mabit, jalan2 pagi dan cari lokasi buat foto2. Sayang cahyo gak bisa ikut,mau buru pulang. Mungkin gak bias ninggalin istri lama2. Sedangkan paman gon asyik nelpon di wartel. Lokasi foto pertama kite ada di atas jembatan dg latar belakang orang beraktifitas disungai..he..he. Kemudian perjalanan dilanjutkan keatas. Diawali crita jay ttg endapan lahar yg terlihat ditebing, akhirnya ambil posisi di persawahan. Dirasa cukup kita siap2 pulang, tp dasarjay gak bisa ngeliat kamera, minta difoto terus. Saking khusuknya berfoto ria, kaki jay terperosok ke lumpur disawah, makanya liat2 neng. Pengennya sih terus ke sumber mata air panas,tp yg lain gak setuju. Padahal bisa nyewa ojek. Puas berfoto ria, balik ke mesjid siap2 sarapan. Rupanya yg masak sibuk nyiapin acara anaknya, jadi telat deh acara sarapan kite. Pas sarapan sekali lagi aye tawarin ke sumber air panas,mobil gandi ditinggal aja dulu. Tp karena ulfe ada acara ke cisarua sorenya, diputuskan langsung balik ke jakarta.
Rombongan dibagi 2, paman gon bareng gandi, sedangkan cewek2 bareng aye. Hmm kayak raja minyak dehYg diturunkanpertama kali adalah olif en reha yg diiringi ucapan jay jangan kapok ikut La Tahzan ya. Emang sih mabit kali ini gak seheboh yg digembor2kan dimilis. Tp rencana ini kan sudah ditetapkan dan dirancang jauh2 hari. Kita harus tetap komit terhadap konfirmasi kita sebelumnya dan menghargai kerja keras panitia. Selama diperjalanan aye,ulfa, en jay membicarakan ttg mabiten La Tahzan. Semoga besok2 pelaksanaannya lebih baik.Oke deh..sekian dulu sekelumit crita ttg mabit 3. Mohon maaf kalo materi mabit gak bisa dicritain lebih detil. Smoga nanti gak cuma membaca, tp juga terlibat mabit 4.
Posted by nopee for LaaTahzan

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

That's a great story. Waiting for more. » »

5:04 AM  

Post a Comment

<< Home