Friday, June 02, 2006

Baksos:Bantar Gebang - TMII

Assalamualaikum Wr.Wb.
Rasanya lega bisa menyelesaikan salah satu tugas. Walaupun yg dikerjakan sangat sederhana, tp smoga cukup bermakna bagi kita2 LaaTahzan-ers dan anak2 Bantar Gebang. Seperti kata pepatah, kebahagian hakiki adalah bila kita bisa membuat orang lain bahagia seperti kita. Mmm..jadi teringat puisi yang uni Novi kirim…..

Sabtu, 13 Mei 2006, walaupun masih ngantuk tapi tetep semangat untuk bangun pagi. Jam 6.25 dah sampe di belakang senmul sesuai pengumuman di milist. Karena masih sepi, cari toilet dulu. Ternyata disenmul kalo minggu tutup toiletnya, mmrrhgg!@?… dengan cepat nyebrang ke dharma wanita. Untung toiletnya buka, ada pesta nikahan kali ya. Aahh lega deh….
Jam 6.35 masih sepi?? Tlp Intan, rupanya dah otw ke senmul bareng dina (iya deh maklum, jam 9 masih di ktr, mudah2an kursus CPS3-nya sukses ya..), bukan gara2 dina telat bangun kan? ( Ya maklum juga, dah bela2in pulang cepet dr kalimantan, mudah2an acaranya cukup sebagai pengganti liburan).
trus nlp ema (ini penting, soalnya blom sarapan neh), rupanya snak baru dateng di rumah ema, jadi blom bisa langsung diantar. Gak lama yg punya acara dateng…sambil ngecek2 trus mberi instruksi supaya tlp dona. Pas di tlp, dona ngakunya sih lagi otw ke senmul. Tp dari suaranya en lama gak muncul2, kayaknya dona baru bangun deh…(ayoo ngaku... gak apa2 koq, emang misahin tali agak ribet ya..:). Ulfa mana ya? Padahal si lintang dah lama nungguuu. Kayaknya ulfe ngambek gak disamperin sekalian..:). Setelah mobil dateng, dina balik ke kos buat njemput hadiah (bukan jemput si rini lho…:)). Gak sabar nunggu ema, langsung aja ke warung pesen supermi, tp sayang, superminya blom masak ema dah dateng. Ya udah bayar aja trus gabung ama the LT-ers. Ema pulang lagi buat ngurus makan siang. Nampaknya intan dah mulai gak sabaran, gak pake doa langsung aja naik mobil (doa masing2 aja kata bozz). Tapi sayang aku salah milih mobil, soalnya snaknya gabung ama mobilnya intan..apesnya yg ikut rombonganku adalah ibu2 yg blom punya konsep 'melayani' he..he (pasti pada protes), jadilah aku sering megang perut supaya tetep anget…hiks. Gak apa2lah toh perjalanan ke mesjid At-Tien gak sampe 30 menit. Selama diperjalanan anank2 sibuk nyiapin tag nama. Rupanya masih banyak yg blom dikasih tali.
Setelah sampe di area parkir Mesjid At-Tien, jam sudah menunjukkan jam 7.45 Setelah sampe di area parkir Mesjid At-Tien, jam sudah menunjukkan jam 7.45. Waduh agak gawat, soalnya rombongan dari Bantar Gebang baru akan berangkat. Waktu nungguin rombongan dari BantarGebang yg dipimpin Oshi dan pak jay, Olif en Doni gabung. Agak surprise aja ngeliat baju doni yg ungu, kirain salah kostum, rupanya itu emang baju 'kebesaran' doni. Sampe2 kaos kaki juga ungu (dasar beruang ungu). Untung gak ada yg berani nanyain warna pakaian dalamnya doni….Akhirnya rombongan dari BG dateng juga. Mungkin karena gak lewat jl tol, jam 8.30 baru nyampe. Kemudian semua mobil ngisi bensin bareng2. Sambil nungguin mobilnya ngisi bensin, doni yg emang punya bakat mc, langsung mimpin acara perkenalan. Setelah masing2 anak dibagi2 jadi beberapa regu oleh Dona, kitapun berangkat ke TMII (ar u ready????….yes!!).

Pas sampe gerbang, sesuai tugas aku langsung ke kasir buat bayar tiket. Saking buru2nya, intan salah melulu nyebutin jumlah pendamping. Jumlah pendamping berubah2 3x, sampe2 Mas penjaga tiket bosen, 'dah gak apa2, yg dua org lagi gratis'…:)). Setelah menyelesaikan urusan tiket, langsung nyusul temen2 yg sudah nunggu di parkiran.
Jam 09.30
Karena kita sudah terlambat dari jadual, diputuskan kita langsung ke Pusat Peragaan Iptek, tanpa mengunjungi beberapa anjungan seperti rencana semula. Karena khawatir temen2 yamg lain belum mengetahui jalur ke PP Iptek, aku pun turun dari mobil intan yang agak jauh didepan. Maksudnya sih biar bisa bareng2 mobil2 yg lain. Tapi sayang, ternyata aku jadi pahlawan kesiangan…rupanya karena jalurnya satu arah, mobil intan balik arah tanpa memberitahu. Dan akhirnya mobil yg lain pun ngikutin mobil intan dan meninggalkan diriku sendirian di belakang…mmrrgh!@!? ya udah..dengan semangat 45 akhirnya bisa juga sampe PP Iptek, malah lebih cepet dari rombongan (ojek dilawan..:)). Langsung aja ke kantor PP Iptek buat ngurus lembar kerja siswa (ternyata gak kepake, mungkin karena waktu di museum terlalu singkat).
Pusat Peragaan Iptek menurutku sih mungkin venue yg paling penting. Didalamnya banyak terdapat alat peraga ilmu fisika, biologi dan matematika. Sangat baik untuk merangsang kratifitas anak. Bahkan sampe anak2 SMA. Selain itu kita juga bisa memesan kelas demonstrasi pengetahuan untuk anak2 tanpa biaya tambahan, syaratnya harus konfirm jauh2 hari (sayang baru tau hari itu).

Setelah dibriefing oleh petugas PP Iptek, masing2 kelompok memisahkan diri dan bebas untuk mengunjungi setiap stand. Dari pengamatan singkat ternyata anak2 BG ternyata cukup mampu mengikutin penjelasan petugas PP Iptek, gak kalah dengan anak2 dari sekolah mahal..ya mudah2an mereka tetap bisa berkembang walau tanpa fasilitas yg memadai. Akhirnya sesuai waktu yang disediakan, lebih kurang 1 jam, anak2 kembali berkumpul di depan.

Memang masih banyak stand yg belum dikunjungi, tp karena keterbatasan waktu, kita harus buru2 ke keong emas. Untungnya peragaan simulasi tsunami sudah siap, jadi masih sempet nerangin bencana yg sangat dasyat itu. Waktu 1 jam memang sangat singkat, dan kurang maksimal untuk mengeksplorasi seluruh stand,mencoba alat peraga dan mendiskusikan fenomena2 Iptek yg ada di museum.
Jam 10.55 sampe di keong mas. Film yg dipilih intan adalah force nature, film ttg kedahsyatan bencana alam. Seperti letusan gunung berapi dan tornado. Mungkin karena banyak penjelasan berbau geologi, intan senang ama film ini. Sebelum film dimulai seperti biasanya anak2 LT memanfaatkan situasi untuk foto2. Pak ketua LT selaku seksi dokumentasi sibuk kesana kemari ngambil gambar artis2 dadakan. Aku pun gak kalah sibuk memenuhi permintaan para LT-ers untuk bergaya ria. satu jam pun berlalu, akhirnya film yg dasyat itu pun berakhir. Senang campur takjub melihat begitu dekat semua fenomena2 alam. Tp kapan yah film MI 3 diputar di keong mas…
Jadwal berikutnya adalah sholat dhuhur di Mesjid Diponegoro, TMII. Setelah sholat berjamaah ternyata ema dah dateng dengan makan siang yg dah ditunggu2. akhirnya bareng2 kita berangkat ke anjungan NTT buat makan siang dan games2. Selama perjalanan dari museum Iptek dan menuju anjungan NTT kita melewati beberapa anjungan yg harusnya kita kunjungi, mulai anjungan pulau di jawa dan anjungan2 indonesia timur (jadi teringat, waktu masih di SD, ikut study tour dari kalimantan ke jakarta en ngunjungin TMII. Aku nekat memisahkan diri dari rombongan, berjalan kaki, demi ngunjungin anjungan leluhurku).
Setelah makan siang berjamaah, tempat dibersihkan buat acara games. Acara ini dimaksudkan unutk menggembirakan anak-anak dan melatih mereka berkompetisi. Supaya mereka bisa selalu menjadi terbaik tanpa harus mengorbankan persaudaraan dan pertemanan. Dan tentu saja, ada hadiah bagi para pemenang. Sebelum games dimulai, pencerita anak yang telah kita undang, Kak Ferdi, dibantu Doni, menghibur anak-anak dengan membawakan sandiwara Malinkundang, yang juga melibatkan anak2 Bantar Gebang sebagai pemeran Si Malin dan Ibundanya. Kocak banget dan sangat menghibur.
Setelah itu acara yg ditunggu2 pun tiba, games yang dipandu oleh Doni. Ada tiga jenis permainan, 7 loncat (7 up), 3&7, dan ….(apaan namanya don? Kepala,pundak,lutut..). akhirnya, kita dapatkan dua belas pemenang dari 4 kali games. Walaupun begitu, anak2 yg gak kebagian hadiah gake perlu sedih, karena diakhir acara semua anak mendapatkan hadiah dan souvenir (trims banyak pada donatur yg dah berbaik hati mau menyumbang). Setelah games untuk anak2 selesai, ada satu games untuk para LT-ers. Kelihatan kalo para LT-ers sudah gak sabar terlibat secara langsung, …yg akhirnya dimenangkan oleh pak jay (kemungkinan dah latihan terus di rumah bareng nyonya).
Jam sudah menunjukkan pukul 15.00. Masih ada waktu untuk mengunjungi beberapa anjungan. Setelah pembagian hadian untuk para pemenang games dan semua anak, langsung siap2 ke anjungan Sumatra barat. Entah kenapa mobil pertama terpisah sangat jauh dengan mobil2 dibelakangnya, akhirnya rombongan pertama menunggu di parkiran dekat anjungan Sumbar. Dekat anjungan Sumbar ada dermaga untuk berkeliling danau buatan dengan perahu. Sempet juga nanya kapasitas perahu yg berkeliling di danau buatan, siapa tau ada yg tertarik keliling danau (asyik juga kelihatannya). Setelah cukup lama menunggu, akhirnya rombongan lain pada dateng. Kami pun bersama2 masuk ke anjungan Sumbar.
Anjungan Sumbar memang salah satu anjungan yg sangat menarik. Banyak warisan budaya yang masih terpelihara sampe sekarang. Selain itu Sumbar merupakan salah satu daerah penghasil pejuang2 yg hebat, seperti Bung Hatta, Sutan Syahrir, Buya Hamka, serta masih banyak lainnya. Kebetulan beberapa LT-ers adalah orang Sumbar. Setelah puas keliling2 di anjungan ini, kamipun melanjutkan perjalanan cukup jauh melintasi propinsi Sumut ke propinsi NAD. Walaupun tidak bermaksud KKN, tapi intan bisa 'dikutuk' sesepuhnya bila tidak menyempatkan mampir ke anjungan ini. Anjungan NAD relatif lebih sederhana secara fisik, tapi menyimpan kenangan sejarah yang cukup banyak. Yang paling kentara adalah pesawat RI 001, Seulawah. Pesawat RI pertama yang dibeli dari hasil patungan rakyat NAD untuk membantu perjuangan RI di masa perang kemerdekaan (lumayan juga ya ingetan sejarahku…:)). Selain menyaksikan pesawat pertama ini, anak2 pun diajak menyanyikan salah satu lagu kebangsaan disamping pesawat Seulawah, cukup mengharukan juga. Tapi yang paling mengharukan bukan hanya kenangan sejarah di anjungan ini, akan tetapi juga perpisahan dengan anak2 bantar Gebang. Yupp, akhirnya acara baksos ini berakhir di anjungan NAD.
Diawali oleh pidato MC kita, doni si 'Berli', acara diakhiri dengan salam2an antara anak2 BG dan kakak2 LT-ers. Akhirnya rombongan dari BG yg dipimpin pak oshi dan pak jay pulang duluan. Kami yg dari senmul, menyempatkan diri untuk sholat ashar dulu di musholla anjungan NAD.
Pada kesempatan PIC baksos (Gandi, DIna, Intan, Junrial) sekali lagi mengucapkan rasa terima kasih yg sebesar2nya buat semua pihak yg telah banyak membantu, baik secara langsung maupun tidak langsung. Buat para donatur, smoga amalnya mendapatkan balasan yang setimpal di sisi Allah swt. Begitu juga temen2 LT-ers, trima kasih yg sebesar2nya atas bantuannya, dah rela bergadang demi suksesnya acara baksos ini. Smoga kebersamaan ini bisa trus berlanjut di masa mendatang. Dan marilah kita berdoa supaya acara, walaupun sederhana, ini dapat trus berlanjut di masa2 yg akan datang dan smoga bermanfaat dan menjadi inspirasi buat anak2 BG.

Salam….
Junrial CH

5 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Enjoyed a lot! Kansas business life insurance small Reference phone numbers Minidv zr100 Upskirt toying Farmers insurance turlock hack your cell phone use different plans instant credit report from credit reports herbal supplements for chronic respiratory infections Light teeth whitener Care line serious skin credit equifax report score medicine tenuate Laser eye surgery cost wyoming what to monitor in patients taking lipitor insurance companies sued credit scores Uniden 5.8 mhz answering machine News about tennis in 1967 Hardcore phat ass xxx

8:36 AM  
Anonymous Anonymous said...

Enjoyed a lot! multi vitamin acne

10:00 PM  
Anonymous Anonymous said...

Enjoyed a lot! 1995 j30 floor mats Department of motor vehicles philadelphia Sex teen pic http://www.kitchen-island-cart.info/lytham_kitchen_cafe.html Submitted xxx amateur pics kitchens melbourne divorce missouri Pontiac logo floor mats http://www.zithromax-tri-pack.info/wellbutrin-valium-images.html permanent hair removal tools Scam free work at home Home decor idea 1957 cadillac eldorado andnot brougham c3 car cover Blister fever valtrex Butterfly puff chairs

12:06 AM  
Anonymous Anonymous said...

Cool blog, interesting information... Keep it UP Programy antywirusowe typu adware http://www.online-forex-trading-9.info wallpaper bmw x5 Fluoxetine usage Usuage of ultram Sportsbook ncaa betting central 2d videogame making software download she has some small tits tho Xxx interracial movies clips http://www.creditcards1.info/concerta-appendicitis.html Pornstars using dildoes dancing pole 300 lbs http://www.terri-alexander-dance.info/May-pole-dance.html accutane muscle pain http://www.air-conditioner-1.info/Square-dance-eminem-audio.html Golf motif wrapping paper Roll-up awning spring

3:25 AM  
Anonymous Anonymous said...

That's a great story. Waiting for more. »

12:00 PM  

Post a Comment

<< Home